SERBUK KAYU DAN 5 MANFAAT NYA

  MACAM JENIS  SERBUK KAYU DAN MANFAATNYA

 ARleyatrans – Serbuk kayu merupakan salah satu bahan sisa dari proses pengerjaan kayu yang sering terbuang begitu saja. Dalam prakteknya, hasil sisa dari olahan kayu tersebut sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat lain. Salah satu manfaatnya adalah Anda bisa menggunakannya untuk menjadi media tanam yang baik. Supaya Anda bisa memanfaatkan serbuk kayu dengan baik, artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Jenis-Jenis Serbuk Kayu
    1. Jerami Gandum
    2. Batang Kapas
    3. Batang Jagung
    4. Sekam Padi
    5. Serbuk Kayu Campuran
  2. Aneka Manfaat Serbuk Kayu
    1. Menyerap Aroma Tidak Sedap dari Kotoran Hewan Peliharaan
    2. Menjadi Media Tanam untuk Jamur
    3. Diolah Menjadi Briket yang Mudah Terbakar
    4. Membunuh Tanaman Liar
    5. Media Tanam Tanaman Hias
  3. Ternyata, Serbuk Kayu Punya Nilai Jual

1. Jenis-Jenis Serbuk Kayu

Ada beberapa jenis serbuk kayu yang masing-masing memiliki fungsinya yang berbeda-beda. (Foto: Pixabay - LazarCatt)
Ada beberapa serbuk kayu yang memiliki fungsi tertentu.hal tersebut yang membuat harga serbuk kayu berbeda beda

Memiliki hobi di bidang pengolahan kayu merupakan salah satu bentuk hobi yang sangat menyenangkan. Kayu merupakan salah satu bahan yang paling mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai jenis benda yang berbeda. Mungkin Anda sering melihat ada banyak sekali serbuk kayu yang menumpuk setelah proses pengolahan kayu telah selesai. Seperti yang dilansir dari Wikipedia, serbuk kayu merupakan limbah industri pengolahan kayu yang terkumpul dalam jumlah banyak.

Limbah kayu tersebut bisa menimbulkan banyak masalah apabila dibiarkan membusuk begitu saja. Oleh karena itulah, pengolahan dari limbah kayu sangat penting untuk dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Ada beberapa jenis limbah serbuk kayu berbeda yang bisa ditemui di sekitar Anda. Di bawah ini, beberapa jenis serbuk kayu yang umum ditemukan.

1. Jerami Gandum

Jerami gandum atau lebih umum disebut sebagai wheat straw merupakan salah satu jenis serbuk kayu yang sering dimanfaatkan untuk budidaya jamur shitake. Berdasarkan jurnal penelitian yang dilakukan oleh Daniel J Royse dan Jose E Sanchez menyebutkan bahwa jamur shitake yang menggunakan media tanam serbuk kayu dari jerami gandum bisa meningkatkan hasil panen jamur hingga 19 persen.

2. Batang Kapas

Jenis serbuk kayu berikutnya berasal dari batang kapas atau disebut juga sebagai cotton stalks sawdust. Limbah kayu jenis ini umumnya dimanfaatkan sebagai bahan bakar biomassa yang diolah menjadi briket bahan bakar. Batang kapas memiliki kandungan air yang sangat rendah sehingga bahan tersebut akan lebih mudah terbakar dan bisa menyala dalam waktu yang lama.

3. Batang Jagung

Batang jagung merupakan salah satu jenis serbuk kayu yang umumnya juga dimanfaatkan untuk menjadi briket bahan bakar. Salah satu kelebihannya adalah bisa dikompres menjadi briket yang lebih padat sehingga menghasilkan briket serbuk kayu batang jagung yang dapat menyala lebih lama.

4. Sekam Padi

Tahukah Anda bahwa sekam padi merupakan salah satu jenis serbuk kayu yang bisa dimanfaatkan menjadi kasur? Korea Selatan adalah salah satu negara yang memanfaatkan serbuk kayu sekam padi yang sudah dicampur dengan serbuk kayu lainnya untuk menghasilkan kasur yang lebih empuk dan nyaman digunakan.

5. Serbuk Kayu Campuran

Serbuk kayu campuran adalah salah satu jenis serbuk kayu yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dengan mudah. Karena terdiri dari berbagai campuran kayu berbeda, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan serbuk kayu campuran ini untuk menjadi media tanam. Apabila di dalam campuran kayu tersebut memiliki kandungan nitrogen yang tinggi, maka otomatis tanaman Anda tidak akan bisa tumbuh subur.

Serbuk kayu nyatanya punya nilai jual dengan diolah menjadi bahan baku pupuk untuk menyuburkan tanaman, diolah jadi kerajinan tangan, dll.

2. Aneka Manfaat Serbuk Kayu

Manfaatkan serbuk kayu untuk menjadi tempat tidur yang nyaman bagi hamster. (Foto: Pexels - Ellie Burgin)
Manfaatkan serbuk kayu untuk menjadi tempat tidur yang nyaman bagi hamster. (Foto: Pexels – Ellie Burgin)

Jangan terburu-buru untuk membuang serbuk kayu yang Anda miliki. Manfaatkanlah serbuk tersebut untuk berbagai keperluan di rumah. Di bawah ini adalah aneka manfaat serbuk kayu yang bisa Anda coba aplikasikan di rumah.

1. Menyerap Aroma Tidak Sedap dari Kotoran Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, manfaatkanlah serbuk kayu untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang dihasilkan oleh kotoran dari hewan peliharaan. Sebagai contoh, hamster merupakan salah satu hewan yang memiliki aroma kotoran yang sangat kuat. Taburkan serbuk kayu berukuran sedang di kandang hamster untuk menyerap aroma tidak sedap dari kotoran hamster.

Anda juga bisa mencampurkan serbuk olahan kayu ke dalam kotak pasir untuk kotoran anjing dan kucing di rumah. Serbuk kayu akan menyerap kelembaban sekaligus aroma tidak sedap dan membuat kotak kotoran tersebut tidak akan mengeluarkan aroma yang menyengat.

2. Menjadi Media Tanam untuk Jamur

Jamur merupakan salah satu tanaman yang bisa tumbuh dengan mudah dimana saja. Shitake merupakan salah satu jenis jamur yang bisa dibudidayakan dengan menggunakan media tanam serbuk kayu. Gunakan campuran serbuk kayu yang kasar dan pupuk dengan komposisi sebanyak 70:30 untuk menjadi sebuah media tanam yang baik bagi jamur shitake.

3. Diolah Menjadi Briket yang Mudah Terbakar

Serbuk kayu memiliki kandungan air yang sangat rendah. Oleh karena itulah, banyak sekali yang memanfaatkan serbuk kayu untuk diolah menjadi briket yang mudah terbakar. Gunakan serbuk kayu batang kapas dan serbuk kayu batang jagung yang sudah di press hingga padat untuk menjadi sebuah briket kayu yang mudah terbakar dan tahan lama.

4. Membunuh Tanaman Liar

Serbuk kayu memiliki sifat menyerap kelembaban yang sangat cepat. Manfaatkanlah serbuk kayu yang Anda miliki untuk membunuh tanaman liar yang mengganggu di halaman. Taburkan serbuk pada tanaman liar hingga menutupi seluruh permukaan dari tanaman liar tersebut dan diamkan selama beberapa hari. Serbuk kayu akan menyerap kandungan air di dalam tanah dan membuat tanaman liar menjadi mati kering.

5. Media Tanam Tanaman Hias

Menanam tanaman hias merupakan salah satu cara mudah untuk mempercantik tampilan dari rumah Anda. Serbuk kayu bisa dimanfaatkan untuk menjadi media tanam tanaman hias supaya bisa tumbuh subur dengan baik. Serbuk kayu yang sudah dicampurkan dengan kompos memiliki kemampuan menyerap unsur hara yang tinggi sehingga akar dari tanaman hias bisa tumbuh dengan lebih baik lagi.

3. Ternyata, Serbuk Kayu Punya Nilai Jual

Serbuk kayu yang sudah Anda kumpulkan, bisa dijual dan menjadi penghasilan tambahan untuk Anda. (Foto: Pixabay - Goumbik)
Serbuk kayu yang sudah Anda kumpulkan, bisa dijual dan menjadi penghasilan tambahan untuk Anda. (Foto: Pixabay – Goumbik)

Tahukah Anda bahwa ternyata serbuk kayu memiliki nilai jualnya sendiri? Apabila Anda tidak tertarik untuk memanfaatkan serbuk kayu, Anda bisa menjualnya dan mendapatkan keuntungan. Pada umumnya, serbuk kayu dijual per 100 gram, 500 gram, 1kg hingga per karung.

Harga dari serbuk kayu sendiri berkisar mulai dari Rp1000 per kilo, hingga Rp250.000 per karung. Harga ditentukan berdasarkan kualitas dan jenis serbuk kayu yang dijual. Semakin murni serbuk kayu yang Anda miliki maka otomatis harganya juga akan semakin meningkat. Selain itu, serbuk kayu yang sudah di press akan memiliki nilai jual yang lebih mahal lagi, yakni mulai dari Rp7.000 per kilo.

Itulah pembahasan lengkap mengenai manfaat serbuk kayu hingga jenis-jenis serbuk kayu yang paling umum ditemui. Pastikan untuk selalu membersihkan dan menyimpan serbuk kayu dengan baik supaya serbuk tersebut tidak beterbangan dan terhirup oleh Anda dan keluarga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top
admint,siap chat!!!
1
Scan the code
hallo kk,sebutkan pesanan kk